Menjelang seri ke-17 MotoGP 2015 di sirkuit Sepang, Malaysia akhir pekan ini; semua perhatian ditujukan kepada pertarungan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, plus usaha Danny Kent memastikan gelar juara dunia GP dimana sudah puluhan tahun pembalap asal Inggris tidak menjadi juara dunia GP. Tidak ada salahnya kita berselancar kembali ke memori-memori balapan klasik atau peristiwa-peristiwa lainnya yang pernah terjadi di GP Malaysia. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
GP Malaysia 2005
Headline utama setelah GP Malaysia 2005 adalah gelar ke-7 yang diraih Valentino Rossi bersama tim Gauloises Yamaha. Tetapi untuk fans balap Indonesia, GP Malaysia 2005 merupakan peristiwa spesial dimana pembalap terbaik Indonesia kala itu, Doni Tata Pradita, melakukan debutnya di kelas 125cc bersama tim Yamaha Pertamina Indonesia. Doni start dari posisi ke-36 dan finish di posisi ke-31 (paling buncit). Antara 2005-2007 Doni tiga kali membalap di GP Malaysia di kelas 125cc dan 250cc.
Karier GP Doni Tata, tercatat sebagai salah satu sejarah dunia motorsport Indonesia |
Tapi sayang, performa buruk Yamaha 250cc dan hasil DNF di wildcard terakhir (250cc 2007) tidak menyurutkan keinginan pihak terkait untuk turun di GP250 2008 full season. Padahal dengan motor yang tidak kompetitif bisa dipastikan Doni tidak akan berprestasi lebih di kelas tersebut. Hanya pemborosan biaya. Hanya bertahan semusim, pembalap dan tim kemudian hijrah ke WSS (tapi kayaknya emang paling lama bertahan di GP250 cuma sampai akhir 2009 aja sih, soalnya 2010 pindah ke Moto2).
Pada waktu itu Yamaha R6 adalah Supersport terkuat. Kalau sekarang, Kawasaki ZX6R yang terkuat. |
Coba kalau dari awal memilih untuk berlaga di World Supersport, Yamaha cukup kompetitif di kelas itu. Dengan budget yang ada pada waktu itu, setidaknya Doni bisa berlaga 3 musim di WSS (2008-2010). Jikalau kemudian berprestasi dan dikontrak tim lain (atau bahkan ke kelas baru Moto2), lepasin saja; ganti pembalap lain (regenerasi). Gak usah khawatir kalau pada akhirnya naik ke kelas MotoGP tapi gak pakai Yamaha. Tetep aja dia akan pakai Yamaha karena ada ikatan "gak resmi " sebelumnya.
Seperti Casey Stoner yang mengawali kariernya bersama Honda (2001), sempat membela Aprilia, KTM, dan Ducati, akhirnya kembali juga ke Honda kan...
GP Malaysia 2006
Come on Vale! |
Dalam usahanya mendekatkan poin dengan Nicky Hayden, Valentino Rossi mendapat lawan yang cukup kuat di GP kali ini; Loris Capirossi. Saya masih ingat betul race waktu itu, cukup ketat dan menegangkan. Dan akhirnya Rossi menang dan Hayden tampil buruk, poin yang sangat berharga....
GP Malaysia 2009-2010
Inget gak sih waktu itu bendera Spanyol sempet masuk ke rantai motor #99 dan tercabik-cabik? #bad |
Berturut-turut dua pembalap FIAT Yamaha mengunci gelar juara dunianya di sirkuit Sepang. Pada 2009 si Ayam Tua, Valentino Rossi, mendapatkan gelar ke-9 nya. Setahun setelahnya, Jorge Lorenzo, baru memulai panen gelar juara dunia MotoGP-nya yang pertama. Jauh juga ya antara 9 dan 1 hehe...
GP Malaysia 2011
Sepang adalah rumah Marco Simoncelli. 2008 dan 2011 adalah cerita yang sangat-sangat berbeda |
Race tersingkat MotoGP... RIP SIC58
Tidak ada komentar:
Posting Komentar