Review MotoGP Assen 2016 - #AUSTRALIASSEN atau #JACKASSEN!

 #AUSTRALIASSEN atau #JACKASSEN!

Wow-wow-wow! Jika Assen bertemu hujan jawabannya jelas, DRAMA! 2 tahun yang lalu Marc Marquez juara di flag-to-flag race dengan selebrasi ikonik 'berenang' di atas motor. Satu setengah jam sebelumnya, Anthony West juga menjuarai race yang sangat dramatis di kelas Moto2. Itu adalah kemenangan kedua sepanjang karier West di Grand Prix, setelah 11 tahun di sirkuit dan kondisi yang sama, 2003 GP250 Assen!

Anthony West #95 Moto2 2014


Well, saat 5 pembalap terdepan di race pertama (termasuk Hernandez) DNF di race kedua, cerita race kali ini bukanlah 'poin maksimum' yang didapatkan Marquez, melainkan keajaiban Assen saat race basah. Sesaat setelah re-start, Jack Miller mampu menyodok ke posisi 4, jelas karena startnya sangat bagus. Beruntun setelah Dovi dan Vale crash, perhatian langsung ditujukan ke Jack Miller yang tepat berada kurang dari 1 detik di belakang Marc Marquez. Bisakah ia mengovertake MM93?

Done! Jack Miller (Jackass) memimpin (kira-kira) 8 lap terakhir lomba di depan Marc Marquez. Gap-nya melebar hingga 2,5 detik saat finish. Dia berhasil menjaga balapannya untuk tetap stabil dan menjaga jarak aman dengan Marquez. Di pikirannya mungkin, juara atau finish ke-2 di belakang Marquez gak masalah; yang penting finish tentu saja. Podium hanya bonus!

Beruntung Marc terlihat lebih memilih menjaga poin kejuaraan dan tidak beresiko untuk bertarung terbuka dengan Jack. Terlebih dua kompetitornya tampil buruk di race kali ini. 20 poin dari Assen cukup membawanya kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan 24 angka dari Jorge Lorenzo. Berturut-turut posisi 3 besar dihuni oleh Marc (145), Jorge (121), dan Vale (103). 

Kemenangan Jack lebih 'spesial' dibandingkan kemungkinan Hernandez juara saat race pertama. Jack, orang Australia, mempunyai 'kelas' tersendiri saat bertarung di Assen yang basah. Saat Hernandez memimpin di race pertama, saya tidak terbayang siapa-siapa. Tetapi saat itu Jack, saya langsung terpikirkan oleh Anthony West! Kemenangan Jack Miller di Assen ini juga yang pertama di luar 'pembalap top' pasca Ben Spies juga menang di Assen 2011.

Assen is home for West. Wait, West or Wet? #JackAssen

Assen adalah tempat yang sangat bagus untuk pembalap Australia, terutama saat ia basah. Tetapi berbeda cerita dengan Assen yang basah untuk pembalap Italia musim ini. Vale, Dovi (juga Iannone) crash, Petrucci gagal teknis. Tidak ada yang patut untuk disalahkan selain diri sendiri saat jatuh di race yang basah. Semua pembalap pasti memahaminya. Dan hasil seri ini mengingatkan saya dengan race 2008. Waktu itu Rossi jatuh di hairpin dan tebak siapa yang juara... Casey Stoner!

Khusus untuk Rossi nih. Karena Jorge tampil buruk dan hanya finish di P11 (5 poin), setidaknya Vale tidak terlalu menyesali hasil race Assen kali ini. Sial memang bisa menimpa siapa saja, termasuk kesialan ketiga (DNF) dalam 8 seri awal di musim ini. Tetapi saat rival cuma dapat 5 poin, not bad lah...

Jarak poinnya dengan Marquez kini menjadi 42 poin, tetapi justru Vale harus tampil lebih kalem dan santai saja, musim masih panjang! Ingat 10 tahun yang lalu saat Vale berhasil menyalip poin Nicky Hayden setelah sempat tertinggal 51 poin di tengah musim. Apa solusinya? Vale membalap dengan tanpa beban apapun. Ia tampil santai, tidak lagi DNF dan akhirnya dapat durian runtuh di seri Portugal. Kesalahan di seri Valencia jelas karena ia tertekan dan tidak tampil apa adanya saja alias penuh beban.


#Rekor Jack Miller
  1. Juara seri MotoGP Dutch TT pertama yang digelar di hari Minggu.
  2. Pembalap tim satelit/independen pertama yang menjuarai seri MotoGP setelah Toni Elias (MotoGP Portugal 2006, Fortuna Honda Gresini).
  3. Aussie ketiga yang menjuarai seri MotoGP modern setelah Casey Stoner dan Chris Vermeulen. Uniknya kemengan Jack dan Chris sama-sama diraih di race basah.
  4. Rider Honda ke-14 yang menjuarai seri MotoGP setelah Rossi, Ukawa, Barros, Gibernau, Biaggi, Tamada, Hayden, Melandri, Pedrosa, Elias, Dovizioso, Stoner, Marquez.
  5. Rider non-unggulan pertama yang juara seri MotoGP setelah Ben Spies di Assen 2011.

Tentang Jack Miller pasca #JackAssen

Jack Miller sempat kalah dari Alex Marquez di perebutan gelar juara dunia Moto3 2014. Tetapi sebelum Marquez junior tembus ke MotoGP atau paling tidak podium di Moto2, Jack sudah juara seri MotoGP, hehe. Prestasi Jack di Dutch TT 2016 ini jelas pertanda saat ini ia adalah rider Honda terbaik setelah Marc Marquez dan Dani Pedrosa (mungkin setara Cal Crutchlow juga sih). Jack pantas mendapat dukungan factory bike untuk dua musim kedepan 'sebelum' ia menggantikan Dani Pedrosa di tim Repsol Honda (semoga saja ya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar