Spesial; Mengenang Musim Terburuk di Era MotoGP Modern

Ilmor GP, korban pertama era MotoGP 800cc.
MotoGP 800cc mencapai puncak 'kegagalannya' pada musim 2011.

Saya tertarik kembali membahas MotoGP 2011 karena ternyata ada persamaan tanggal dalam kalender tahun 2011 dan 2016. Dan beberapa seri MotoGP 2011 dan 2016 juga digelar di tanggal yang sama; entah di sirkuit yang sama atau tidak. Tetapi selain itu, MotoGP 2011 adalah salah satu musim terburuk di era MotoGP modern karena diwarnai banyak hal negatif atau bisa disebut sebagai "kegagalan".

Kalender Sama-Sama Aneh

Buat yang merasa kalender MotoGP musim ini 'aneh', hal itu ternyata juga terjadi di musim 2011. Lima tahun yang lalu, bahkan jeda panjang (selama 4 minggu) yang musim ini terjadi di tengah musim, justru sudah terjadi antara seri Jerez dan Estoril (seri 2-3). Lalu masuk jeda 3 minggu antara seri Le Mans dan Catalunya (seri 4-5) dan jeda paruh musim (yang justru lebih singkat daripada musim ini.

Musim ini juga ada penjadwalan seri yang tampak 'aneh', Dari Laguna Seca lanjut jeda paruh musim ke Brno. Lanjut ke Amerika lagi (Indianapolis) dan seminggu berselang sudah ada di Eropa lagi (Misano). Selow banget bisa bolak-balik Eropa-Amerika, hehe. Tapi 2011 jadi yang terakhir sih MotoGP pakai kalender yang gak efektif itu. Mulai musim 2012 sampai Laguna Seca dicoret, dua seri penutup dan pembuka antara jeda paruh musim dilakukan di Amerika Serikat. Jadi lumayanlah pembalap bisa liburan musim panas di Amerika Serikat. Bisa nonton X-Games dan Pro Motocross.

Grid Kosong Melompong

Dunia sedang dilanda krisis ekonomi, MotoGP 800cc mahal, dan 2011 adalah musim terakhir mesin 800cc. Musim 2011 menjadi musim dengan jumlah starter paling sedikit, yaitu 17 pembalap reguler. Jumlah tersebut sebenarnya cuma berkurang 2 dari musim 2008 (musim kedua balapan 800cc). Terimakasih untuk tim Aspa dan Cardion AB yang 'menambal' kepergian Kawasaki dan 1 motor Suzuki.

MotoGP justru menjadi 'kesepian' karena regulasi mesin 800cc.
Grid yang kosong melompong membuat kesempatan meraih poin menjadi sangat besar. Overtaking gak terlalu penting, cukup tunggu aja minimal 2 pembalap crash atau DNF, kita pasti sudah dapat poin. Hanya 10 rider yang berhasil finish tiap balapan adalah cerita yang umum di musimini. Mengerikan! 

Kecelakaan, Cedera, Absen, hingga Meninggal

Musim 2011 adalah kedua kalinya dalam rentang waktu 10 tahun, seorang manta juara dunia 250cc meninggal karena kecelakaan saat balapan. Pertama adalah Daijiro Kato (juara 2001, tewas Suzuka 2003), lalu Marco Simoncelli (juara 2008, tewas Sepang 2011). Selain meninggalnya Marco Simoncelli, musim 2011 juga menyimpan cerita tentang beberapa pembalap top yang harus absen karena cedera.

MotoGP Malaysia 2011 adalah pertama kalinya di era MotoGP race dibatalkan saat sudah berjalan selama 2 lap.

Casey Stoner pernah mengalaminya (absen balapan) musim 2009 karena sakit. Musim 2011 kejadian tersebut dialami oleh Dani Pedrosa (absen 3 seri karena kecelakaan di Le Mans vs Simoncelli) dan Jorge Lorenzo (absen di 3 seri terakhir karena cedera di Australia). 

Yamaha Factory Racing mencapai puncak musim mereka di MotoGP Australia. Kedua rider (Lorenzo & Spies) gagal ikut balapan karena kecelakaan di awal sesi Grand prix. Keduanya harus absen dan pintu paddock YFR terpaksa ditutup lebih awal. Menyedihkan.

MotoGP Australia 2011 adalah pertama kalinya di era MotoGP tim Yamaha MotoGP (secara keseluruhan) gagal mengikuti lomba.

Valentino Rossi juga punya cerita lho, 4x DNF di 4 seri terakhir, semuanya karena kecelakaan (termasuk kecelakaan di Sepang). Kecelakaan di Motegi-Phillip Island karena dirinya sendiri, sementara kecelakaan di Sepang-Valencia karena pembalap lain. 4x DNF (crash) berunrun adalah catatan terburuk Vale sepanjang kariernya. Dan DNF terakhir di Valencia jadi catatan khusus. Ia ditabrak oleh Bautista (!) di T1 dan ikut menyeret Hayden-De Puniet. Bakat Bautista udah mulai kecium di sini, hehe

(1) Motegi. Vale dipepet (sandwich) di tengah pack jelang T2 Lap 1. Hanya Ben Spies yang turut menjadi
korban. Beruntung Spies masih bisa finish P6.

(2) Phillip Island. Vale crash lagi di PI, tepatnya di T10 (downhill hairpin) dan  'anehnya' kok dibelakangnya
Bautista! Vale solo crash ^& gak terjadi kontak dengan Bautista (setelah ia crash) . Foto diatas cukup ngeri sih,
kayak kepala Vale ketabrak ban depan Bautista (meskipun sebenarnya enggak).

(4) Valencia, Kejadian jelang T1 Lap 1, sama persis dengan crash Vale di Motegi. Bautista "ke-sandwich" di tengah
pack & makan korban 3 pembalap lain. Beruntung Dovi (4) dan Elias (24) selamat dari kejadian ini.

Tidak bisa dipungkiri, dengan banyaknya kejadian negatif yang saya tulis di atas; MotoGP 2011 adalah musim terburuk dan semoga tidak akan terulang lagi di masa depan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar