Spesial; Pengadu Nasib di Ducati (Top & Flop)

Ducati Corse, tim pabrikan Ducati di MotoGP sejak 2003, mempekerjakan 12 pembalap (reguler) sejak keikutsertaan mereka. Jumlah tersebut lebih banyak dari Honda (8) dan Yamaha (7) dalam periode yang sama (2003-2017). Dari semua pembalap yang mereka gunakan, hanya Casey Stoner yang berprestasi (meraih gelar juara dunia). Sementara sisanya, pol-mentok juara seri atau podium, itupun cuma 4 pembalap saja yang bisa.

Hari ini adalah momen istimewa dimana Jorge Lorenzo melakukan debutnya sebagai pembalap ke-12 Ducati dengan mengikuti pre-season di Valencia. Saya pribadi sempat bingung bagaimana mempertanyakan karier JL99 di Ducati besok. Terpikirkan dua pertanyaan, (1) berapa lama ia akan bertahan di Ducati?, atau (2) apakah ia bisa sesukses Casey Stoner? Dua pertanyaan berbeda yang saling berkaitan.

Well, seperti judul di atas, saya akan membahas tentang siapa-siapa saja yang sukses dan gagal bersama Ducati sekaligus sebagai galeri foto perjalanan tim ini dari masa ke masa. Lanjut!

TOP

(1) Casey Stoner



Bukan yang pertama apalagi kedua, tetapi Casey Stoner adalah pembala Ducati terhebat. 23 kemenangan antara 2007-2010 adalah jumlah yang sepertinya sulit untuk ditandingi oleh rider Ducati masa kini. Mungkin di masa depan...

(2) Loris Capirossi



Tujuh kemenangan antara 2003-2007 sekaligus rider Ducati pertama yang menjuarai MotoGP (ia juga pembalap Italia). Sempat berkarier di Suzuki sebelum kembali dan pensiun bersama Ducati pada 2011.

(3) Troy Bayliss



Troy Bayliss adalah rider Ducati kedua yang mampu menjuarai race MotoGP. Tepatnya di race classic Valencia 2006. Ia datang sebagai pembalap pengganti dan juara dunia World Superbike 2006. What a race!

(4) Andrea Iannone



Rider Ducati keempat yang berhasil menjuarai race, sekaligus Italiano terbaik di Ducati sejak Loris Capirossi. Sayang ia harus 'dipaksa' pergi saat masa jayanya dimulai. Oiya, bukan berarti Dovi jelek, cuma Iannone 'lebih baik' bersama Ducati.

(5) Andrea Dovizioso



Another Italiano, rider juara kelima Ducati dan akan membalap di tahun kelimanya bersama si merah. Berpasangan dengan Jorge Lorenzo musim depan, akan sangat menentukan nasib Dovi kedepannya. Karena opsi mengembalikan Iannone mungkin saja terjadi.

FLOP

Valentino Rossi (2011-2012)

Sete Gibernau (2006)

Nicky Hayden (2009-2013)

Marco Melandri (2008)

Carlos Checa (2005)
Cal Crutchlow (2014)


Valentino Rossi, Cal Crutchlow, Nicky Hayden, Marco Melandri, Sete Gibernau, Carlos Checa

Kecuali Nicky Hayden, semua pembalap yang masuk kategori ini merasa 'salah' bergabung dengan Ducati. Terlihat dari kesamaan masa bakti mereka yang mayoritas cuma 1 tahun (Valentino Rossi 2 tahun). Padahal (selalu) ada ekspektasi tinggi saat mereka-mereka bergabung. Toh, nyatanya mereka tak sesukses Casey Stoner.

Perbedaan karakter sehingga menyebabkan susahnya beradaptasi dengan motor Ducati membuat pembalap-pembalap tersebut tidak merasa betah. Atau juga karena masalah cedera, seperti Sete Gibernau. Hanya 1-2 tahun, mereka langsung pindah tim, kembali ke pabrikan yang dulu, atau malah pensiun (sementara) dan kembali lagi memakai motor Ducati, seperti Sete Gibernau.


Sete Gibernau (Ducati privateer 2009)



Pre-season 2017

Jorge Lorenzo (Ducati test 15/11/2016)

Jorge Lorenzo (Ducati test 15/11/2016)


Lalu bagaimana dengan Jorge Lorenzo? Saya sempat terpikirkan satu kemungkinan (jawaban) dari salah satu pertanyaan di bagian atas. Jorge Lorenzo hanya betah 2 tahun di Ducati dan pindah ke tim baru, tidak lain dan tidak bukan adalah Repsol Honda. Kenapa Honda? Karena mereka sudah habis dengan Dani Pedrosa, 2006-2018* tanpa gelar dan sudah waktunya ia pergi. Lalu kemana Dani akan pergi? Kemungkinan besar KTM (dipengaruhi sponsor Red Bull). Akan sangat menyakitkan kalau Dani bergabung ke pabrikan asal Jepang lainnya dimana ia telah mengabdi lebih dari 15 tahun untuk Honda. (rz)

2 komentar:

  1. Menarik juga rasanya kalau kontrak pedrosa habis terus pindah ke ktm xD

    Jl ke repsol ? Sepertinya hal seperti itu agak mustahil nantinya :v

    Tapi yg utama sih nikmati musim 2017 dulu xD

    BalasHapus
  2. Terbukti bang prediksinya wkwk. JL ke honda XD

    BalasHapus