EXTRA, Ekspektasi 2016, Sirkuit Baru! (Bagian 1)

Saya adalah tipe fans balap yang lebih suka melihat lintasan atau sirkuit baru dibandingkan kejuaraan yang akan berlangsung. Karena menurut saya, lebih banyak tahu tentang sirkuit-sirkuit di seluruh dunia adalah hal yang sangat menyenangkan. Tiap musim balap berganti saya selalu menanti berita-berita pasti hingga rumor tentang sirkuit-sirkuit apa saja yang bakalan digunakan musim selanjutnya.

Bukan cuma untuk musim-musim balap yang akan datang. Saya juga suka menjelajahi YouTube hanya untuk mencari kejuaraan-kejuaraan balap yang belum saya ketahui dari seluruh dunia. Begitu pula mencari video balap lawas hanya untuk mengetahui sirkuit-sirkuit yang sudah tidak lagi aktif atau untuk mengetahui layout lama sebuah sirkuit yang telah berbeda dengan versi modernnya.


Untuk musim balap 2016, beberapa sirkuit baru sudah masuk watch list saya dan sudah tidak sabar untuk melihatnya. Mayoritas adalah sirkuit-sirkuit jalan raya yang masih cukup sulit ditebak bentuk finalnya sebelum kita melihat free practice pertama. Karena hanya MotoGP yang disiarkan langsung di TV gratis Indonesia, untuk kejuaraan balap lainnya saya mengandalkan streaming dari internet. 

#1 BOSTON Street Circuit (IndyCar)

Boston Street Circuit

Untuk kesekian kalinya ajang balap IndyCar akan mendapatkan satu sirkuit jalan raya baru yang terletak di Boston Seaport District. Kejuaraan dengan nama Grand Prix of Boston ini rencananya akan digelar pada tanggal 4 September 2016 atau hampir setahun lagi. Semoga saja visual sirkuit ini bisa lebih baik dibandingkan sirkuit jalan raya Baltimore.


#2 BAKU Street Circuit (Formula 1)

Baku Street Circuit

Akhirnya European Formula 1 Grand Prix kembali lagi ke kalender setelah sirkuit jalan raya di Baku, Azerbaijan, dikonfirmasi sebagai venue untuk seri ke-10 yang berlangsung pada tanggal 17 Juli 2016. Sirkuit ini cukup unik karena mempunyai flat out section sepanjang hampir 2,2 km.


#3 KUALA LUMPUR Street Circuit (V8 Supercars)

Kuala Lumpur Street Circuit
Petunjuk satu lap KL City Grand Prix bersama Craig Lowndes



Sirkuit ini sebenarnya sudah dipakai untuk ajang KL City Grand Prix pada awal Agustus 2015 kemarin. Tetapi untuk ajang balap resmi (championship), sirkuit ini baru akan dipakai untuk 2016 International V8 Supercars seri ke-9 pada 13-14 Agustus 2016.


#4 PARIS Street Circuit (Formula E)

Untuk musim balap Formula E 2015-16, terdapat 2 sirkuit baru yaitu untuk Paris ePrix dan satu sirkuit lainnya masih belum dikonfirmasi. Tetapi untuk gelaran Paris ePrix saja publik belum tahu layout atau lokasi trek yang akan digunakan seperti apa. Sirkuit Paris ini menggantikan sirkuit Monaco untuk regional Perancis/Monaco. Oleh karena itu kita berharap saja landscape eksotis kota Paris bisa digunakan sebagai latar dari sirkuit jalan raya yang akan dibangun besok (supaya tidak kalah dengan Monaco hehe).

Dari 4 sirkuit jalan raya baru diatas, 3 diantaranya sudah kita ketahui layoutnya. Ketiganya benar-benar dibangun di perkotaan padat dan menurut saya layoutnya sederhana tapi menantang. Dengan minimnya area untuk run-off menjadikan sirkuit-sirkuit tersebut menjadi sirkuit jalan raya yang sebenar-benarnya (tapi mungkin tidak untuk Baku, entahlah).

Yang pasti, musim 2016 juga patut kita tunggu-tunggu apakah renovasi sirkuit Sentul bisa dengan lancar terlaksana atau tidak. Plus dengan janji renovasi yang hanya satu tahun saja, berarti pada akhir 2016 sudah bisa kita lihat ujud baru sirkuit Sentul yang akan digunakan untuk MotoGP 2017. Semoga! (rz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar