Analisis; Bursa Pembalap 2016! (Part 2)

Menyambung tulisan tentang bursa pembalap MotoGP 2016 yang saya tulis beberapa waktu yang lalu, akhirnya mulai menemui titik terang. Dan update terakhir, hanya tinggal 2 slot pembalap yang tersisa. Keduanya adalah motor Forward Yamaha.

Musim ini tim Forward Yamaha memang sedang mengalami masalah. Sempat absen di salah satu seri MotoGP, tim ini juga harus memutus kontrak Stefan Bradl yang akhirnya pindah ke tim Aprilia Gresini di tengah musim (dan ternyata berlanjut hingga 2016).

Stefan Bradl (Red Bull) dan Sam Lowes (Monster Energy) kemungkinan akan menjadi rekan setim pada 2017.


Loris Baz sebagai pembalap Forward Yamaha lainnya musim ini juga memutuskan untuk hengkang ke tim Avintia Racing (Ducati) musim depan, menggantikan rekan senegaranya; Mike di Meglio. Ia akan bergabung dengan Hector Barbera yang masih bertahan di tim Avintia Racing.

Update terbaru juga cukup menarik dimana tim Aprilia Gresini juga sudah mengontrak Sam Lowes untuk MotoGP 2017. Tetapi sebelum itu ia akan menjadi test rider/development rider untuk Aprilia Gresini musim 2016 sembari bertarung di kelas Moto2. Tidak heran jika Sam Lowes bakal mengendarai motor tim Federal Oil Gresini Moto2 untuk musim 2016 besok, Wow!

Lanjut, selain Mike di Meglio yang kehilangan tempatnya; musim 2016 juga setidaknya menandai absennya pembalap Amerika Serikat di MotoGP setelah posisi Nicky Hayden di tim Aspar MotoGP digantikan oleh Yonny Hernandez. Sementara itu posisi Eugene Laverty masih aman di tim Aspar MotoGP.

Posisi Jack Miller juga masih tanda tanya karena tim LCR Honda sepertinya hanya akan menurunkan Cal Crutchlow musim depan. Selanjutnya tinggal menunggu prediksi saya seperti di tulisan sebelumnya; Apakah Jack Miller akan turun kelas ke Moto2 dan menjadi rekan Alex Marquez?

Prediksi lain menyebutkan bahwa Jack Miller bakalan bergabung ke Marc VDS MotoGP dengan kemungkinan
tim mengoperasikan motor kedua. Tetapi sampai saat ini belum ada konfirmasi soal kabar tersebut.



Prediksi saya tersebut kemungkinan besar akan terwujud setelah Tito Rabat dipastikan menggantikan Scott Redding di tim Marc VDS. Jack Miller sebagai future rider tim Honda sepertinya tidak akan disia-siakan Honda dan kelas Moto2 bersama Marc VDS Racing dirasa akan sangat cocok untuk Miller yang masih cukup muda. Menggantikan Tito Rabat di Marc VDS Moto2 dirasa lebih ber'faedah' dibandingkan ekspansi 2 motor Marc VDS di kelas MotoGP.

Well, bursa pembalap MotoGP 2016 memang cukup menyenangkan; tetapi hanya berkutat untuk tim-tim satelit/privateer saja. Akan lebih seru jika melibatkan pembalap dari tim-tim besar. Misalnya HRC atau YFR.

Mungkin gak sih kontrak Marc Marquez yang habis akhir musim 2016 tidak diperpanjang karena ia ingin merasakan tantangan lain (pindah ke Yamaha mungkin)? Dan gayung bersambut saat Jorge Lorenzo juga merasa tidak betah dengan persaingannya dengan Valentino Rossi dan kemudian ia bertukar posisi dengan Marc Marquez?

Lalu di HRC, Lorenzo menjadi rekan setim Jack Miller dan Pedrosa pindah ke Suzuki? Kawasaki juga kembali ke MotoGP bersama Jonathan Rea? Waaahh imajinasi tingkat tinggi tapi kayaknya bakalan susah terwujud (kecuali kasus Kawasaki yang bakalan kembali ke MotoGP sih) 

(bersambung) (rz)

UPDATE
8 Oktober 2015 - Nicky Hayden sudah dipastikan akan bergabung ke tim Honda World Superbike menemani pembalap Belanda, Michael van der Mark. Berita ini cukup positif karena setidaknya Nicky Hayden kembali 'mesra' dengan Honda di akhir karier balapnya.

15 Oktober 2015 - Jack Miller resmi bergabung ke tim Marc VDS Racing! Akhirnya... Tetapi gak di Moto2 seperti yang saya prediksi, malah tetap di MotoGP dengan motor spek pabrikan pula. Lumayanlah meskipun gak jadi setim sama Alex Marquez -_-

24 Oktober 2015 - Forward Racing dan Cardion AB Motoracing dipastikan hengkang dari MotoGP menuju WSBK. Hanya berita dari tim Cardion AB yang baru sekedar rumor. Mereka berniat bergabung dengan Shaun Muir Racing (BSB) dan menggunakan motor Yamaha.

Selain dua tim di atas, masa depan IodaRacing Project justru tidak jelas; seiring dengan cederanya Alex de Angelis dan motor yang tidak kompetitif. Akankah mereka bertahan di MotoGP dan mengganti mesin yang lebih baik? (Yamaha misalnya)...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar