Team Red Bull KTM MotoGP (2017)

Setelah Suzuki dan Aprilia comeback tahun ini, mulai musim 2017 MotoGP akan kedatangan pemain lama yang kini turun sebagai factory team. Selamat datang tim Red Bull KTM MotoGP!

Shane Byrne 2005

KTM bukanlah pemain baru di MotoGP. Sepuluh tahun yang lalu pabrikan ini pernah bekerjasama dengan Team Roberts menghasilkan motor bernama Proton KR KTM yang dikendarai oleh Shane Byrne. Tapi sayang, tim ini hanya berhasil mengoleksi 1 poin yang didapat dari seri Laguna Seca.

Hanya setahun KTM berlaga di MotoGP, mereka memilih fokus ke proyek GP125 dan GP250, juga Moto3. Tetapi keinginan untuk berlaga di kelas tertinggi tetap ada di tim ini. Akhirnya pada pertengahan 2014, KTM mengkonfirmasi akan ikut serta di kelas MotoGP mulai musim 2017. Lalu kenapa 2017? Mungkin karena KTM ingin mempelajari data ban Michelin yang akan digunakan  MotoGP mulai musim 2016 besok.

Berikut ini adalah foto-foto motor KTM RC16 MotoGP yang berhasil diabadikan saat uji coba di sirkuit Red Bull Ring.






Terlihat fairing depan cukup kecil dan agak datar, mirip dengan Ducati GP15. Meskipun secara keseluruhan justru mirip Honda RC213V dipadukan lubang angin khas Kalex Moto2 2015. Desain buntut juga cukup unik, terlihat bongsor dan besar. Mirip buntu Ducati Desmosedici edisi awal 2003-2004'an. Tetapi secara keseluruhan desain motor ini masih terlihat kompak. Serasi dengan postur test rider Alex Hofmann.

Yang menarik juga adalah 'munculnya' Red Bull sebagai sponsor utama tim MotoGP. Terakhir kali  Red Bull tampil di Laguna Seca 2005 khusus untuk mendukung tim Suzuki MotoGP. Nah, berapa persenkah dukungan Red Bull ke KTM besok? Kalau support penuh, kemungkinan besar warna motor tim ini adalah biru tua dan logo Red Bull, plus aksen oranye khas KTM. Livery GSV-R ini bisa menginspirasi.

Laguna Seca 2005
Red Bull Suzuki MotoGP, Laguna Seca 2005

Atau kalau dukungan berimbang, mungkin logo KTM bisa lebih menonjol seperti ini.

Sketsa livery motor balap KTM

Nahh, apapun itu; musim balap 2017 sangat layak kita nantikan. Karena bukan cuma tim baru yang muncul, tetapi kemungkinan transfer pembalap yang cukup besar. Mengingat banyak pembalap top yang kontraknya habis di akhir musim 2016 nanti. (rz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar