Belajar Sejarah; Tim Movistar Junior 125cc dan Nomor Start Berdaya Magis?!

Australia 2001. Full team, perawakan Joan Olive (kiri)
hampir mirip Tito Rabat...

Gila aja! 5 tahun lebih mengikuti dunia motorsport, belajar sejarah hal-hal lainnya, baru kali ini saya tahu kalau debut Dani Pedrosa dan Casey Stoner itu di tim yang sama! Cuma bedanya pada waktu itu (2001) status Pedrosa adalah pembalap reguler, sementara Stoner wildcard. Kalau begitu jadi semakin jelas kenapa nomor start Stoner adalah #27 dan mungkin kesuksesannya di GP juga terpengaruh oleh nomor start tersebut. Kenapa begitu?

Casey Stoner 2001, mirip Adam Ciancarulo

Sebelumnya, saya cuma tahu kalau Telefonica Movistar Junior Team hanya berisi Toni Elias, Joan Olive, dan Dani Pedrosa. Ketiganya diasuh oleh manager yang eks-pembalap GP, Alberto Puig. Sebagai pembalap yang masih muda, urusan nomor start ternyata masih ditentukan oleh tim dan uniknya berurutan sesuai usia masing-masing pembalap.

Salah satu nomor start legendaris #24 (baca: Estoril 2006)

Toni Elias (24), Joan Olive (25), Dani Pedrosa (26). Cuma Toni Elias dan Dani Pedrosa yang masih mempertahankan nomor pilihan Puig tersebut sampai sekarang (dan menjadi salah dua nomor legendaris di MotoGP). Dan entah ada hubungannya atau tidak, cuma Joan Olive yang prestasinya biasa-biasa saja (tidak mampu menjadi juara dunia seperti Elias atau Pedrosa), terutama sejak naik kelas ke 250cc musim 2003 dan mengganti nomor start-nya!

Stoner #27. Kayak pernah tau helm OGK...

Lalu Stoner #27. Ia adalah anggota terbaru di tim Movistar Junior (sekaligus yang termuda). Otomatis mendapatkan nomor 27. Pada musim 2001, ia cuma turun di seri Inggris dan Australia sebagai pembalap wildcard. Waktu itu ia memakai nomor start 73 dan finish ke-17 di Donington dan mencetak 4 poin dengan finish ke-12 di Phillip Island. Kenapa 73? Mungkin karena aturan pemilihan nomor start untuk pembalap wildcard.

Stoner 2011, sepuluh tahun setelah debut (2x juara dunia MotoGP)

Semusim berikutnya Casey Stoner mulai memakai nomor start 27 sampai pensiun di akhir musim 2012. Hanya dua kali ia mengganti nomor menjadi 1 saat berstatus sebagai juara dunia bertahan (dan sayangnya justru gagal mempertahankan gelar).

Tapi ngeri juga kali ya... Elias, Pedrosa, dan Stoner tetap mempertahankan nomor pemberian Alberto Puig, dan ketiganya berhasil menjadi juara dunia. Sayang sekali Joan Olive ganti nomot start -_- / Arti sebuah dedikasi! (rz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar