Update Sirkuit TT Assen (Pasca MXGP)

Beruntung MotoGP Assen digelar jauh sebelum MXGP Assen. Kalau tidak, pemandangan sirkuit sirkuit seperti inilah yang akan terlihat di MotoGP. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, sirkuit motocross Assen untuk kejuaraan MXGP akhir Agustus 2015 kemarin dibangun diatas trek aspal dan rumput di sektor terakhir (triangle) sirkuit Assen. Hasilnya setelah ajang MXGP tersebut rumput-rumput di sisi lintasan rusak dan ditambah cuaca hujan jadilah kubangan air dan lumpur.


























Gambar diatas diambil dari kejuaran British Superbike seri ke-10 di sirkuit Assen, tepat 3 minggu setelah kejuaraan MXGP. Kotor deh :(

Well, meskipun kotor, saya kasih bonus aja deh highlights MXGP Assen 2015. Musim ini benar-benar kebangkitan tim-tim selain Red Bull KTM. Tidak ada nama-nama 'tradisional' seperti Antonio Cairoli dan Jeffrey Herlings yang mendominasi MXGP beberapa tahun terakhir.

Gantinya adalah Romain Febvre (Yamaha), Shaun Simpson (KTM), Max Anstie (Kawasaki), dan Tim Gajser (Honda) yang menjuarai MXGP seri Assen ini. Plus nama Glen Coldenhoff, crosser tuan rumah yang berhasil runner-up race 2. Uniknya ia memakai nomor start 259 (nomor James Stewart sebelum mendapatkan nomor karier). Merata juaranya!





Gak kalah menarik juga race ke-2 British Superbike seri Assen ini. Balapan ini digelar di kondisi trek yang gak menentu. Dan Linfoot berjudi dengan memakai ban basah di trek yang mulai mengering. Efeknya sih lumayan di awal race. Dari P8 di tikungan pertama hingga P1 di tikungan terakhir lap pertama. Tapi sayang hasil akhirnya ia hanya finish di posisi 22.

Tapi yang menarik juga adalah double win Josh Brookes (Yamaha). Dengan hasil seri Assen ini ia kini memimpin klasemen dengan keunggulan 26 angka dari Shane Byrne di posisi kedua (577). Selain itu performa Yamaha R1 yang dikendarai Brookes juga menunjukkan bahwa mesin ini sudah cukup siap untuk berlaga di World Superbike. Saya sendiri menunggu debut mesin ini di World Superbike (entah kapan), dan jika mendapatkan rider yang cocok; besar kemungkinan Yamaha R1 bisa langsung menjuarai WSBK. (Harapan saya duo America, Cameron Beaubier atau Josh Herrin bisa mengulang sukses Ben Spies di 2009 lalu).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar