Analisis Spesial; Musim Balap Paling Aneh!

Mungkin tiap-tiap ajang balap sudah menjalani puluhan musim kompetisi dimana tiap-tiap musimnya pasti mempunyai cerita menarik tersendiri. Tetapi apakah kalian sadar jika cerita yang menarik, menegangkan, tidak bisa dipercaya (luput dari prediksi awal musim) tersebut bisa terjadi bersama-sama di berbagai ajang motorsport di dunia ini? Setidaknya saya mencatat dan merasakan bahwa musim 2009 adalah musim ‘teraneh’ dalam dimana banyak prediksi yang terbantahkan atau hal-hal baru yang muncul secara tidak terduga. Apa saja itu?

MotoGP

#99 nomor balap Lorenzo yang mulai dipakai musim 2009

Kematangan Lorenzo dari ‘King Crash’ di musim sebelumnya menjadi salah satu penantang juara dunia terkuat.
Hanya di musim keduanya di MotoGP, Jorge Lorenzo sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu penantang juara dunia terkuat. Dari 'King Crash' di musim 2008 hingga battle menarik di Catalunya 2009 adalah perubahan yang luar biasa (hal yang sama juga terjadi pada Stoner musim 2006-2007).

Valencia 2009, puncak penampilan buruk Stoner.
DNS karena terjatuh saat warm-up lap.

Penyakit misterius Casey Stoner yang memaksanya harus absen selama 3 seri.
Sebenarnya Stoner dan Ducati masih cukup kuat musim ini. 4 kemenangan dan 4 podium adalah buktinya. Tapi absennya Stoner di 3 seri akibat penyakit misterius adalah cerita utama Ducati musim 2009 ini. Partner baru Stoner di Ducati, Nicky Hayden hanya finish di P13 klasemen akhir pembalap.


P2 Melandri di Le Mans. Terimakasih untuk cuaca yang tidak menentu.

Problem tim Kawasaki dan prestasi di Le Mans.
Krisis ekonomi global turut memaksa Kawasaki untuk hengkang dari MotoGP meskipun akhirnya tetap diwakili oleh Hayate Racing Team bersama Marco Melandri. Tim ini berhasil meraih prestasi P2 di Le Mans (satu podium di satu musim adalah prestasi yang sering diraih tim Kawasaki). Cerita menarik adalah nasib John Hopkins yang harus rela ikut terdepak dari MotoGP meskipun baru setahun pindah ke Kawasaki. Ternyata hengkangnya Hopkins dari Suzuki ke Kawasaki adalah keputusan yang salah.


Super SIC

Gagalnya Marco Simoncelli mempertahankan gelar juara dunia karena inkonsistensi (sering crash).
Marco Simoncelli mencetak 6 kemenangan (terbanyak) tetapi gagal mempertahankan gelar juara dunia. 5x balapan tanpa poin adalah catatan yang cukup buruk. Tetapi setidaknya kursi MotoGP 2010 sudah berhasil didapatkan.


Aoyama memimpin barisan Honda berprestasi di musim 2009

Honda 250cc yang kembali melejit setelah sempat terpuruk selama 3 tahun.
Sejak era Dani Pedrosa, mesin Honda 250cc selalu kalah dari Aprilia dan Gilera (bahkan KTM). Tetapi semua itu berbalik musim 2009, musim terakhir kelas GP250. Hiroshi Aoyama adalah aktor utama kebangkitan Honda. Hanya dengan 4 kemenangan dan konsistensi (tidak pernah DNF/finish tanpa poin) cukup membawanya menjadi juara dunia.

Generasi emas 125cc
Marc Marquez, Scott Redding, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Bradley Smith, Stefan Bradl, Esteve Rabat, Johann Zarco, Nicolas Terol adalah pemain utama GP125 musim 2009. Beberapa diantara mereka sudah berhasil menembus MotoGP. Yang tersisa cuma Julian Simon, sang juara dunia yang kini masih berkutat di Moto2.

Turun kelas yang berbuah manis bagi Julian Simon.
Hanya 1 musim Julian Simon kembali ke kelas 125cc dan itu berbuah manis. Terlepas dari kekalahan konyolnya di Catalunya, ia berhasil meraih gelar juara dunia 125cc dengan 7 kemenangan.

Superbike

The Elbows

Ben Spies super rookie! Mempersembahkan gelar pertama bagi Yamaha di World Superbike!
Keputusan Ben Spies (dan Tom Sykes juga) untuk bergabung dengan tim Yamaha World Superbike adalah sesuatu yang mengejutkan. Keduanya adalah pembalap utama Suzuki di AMA Superbike dan British Superbike. Ben Spies pun kerap menjadi wildcard rider untuk tim Rizla Suzuki MotoGP. Begitu pula Tom Sykes (future world champion) adalah rider Rizla Suzuki BSB yang sering mengambil wildcard World Superbike. Kalau yang ini mungkin pindah (dari Suzuki) yang membawa berkah, hehe.

Airwaves Yamaha, juara BSB 2009

World Domination Yamaha YZF-R1 generasi terbaru di balap Eropa, Asia, dan kemudian Amerika!
Yamaha YZF-R1 generasi terbaru muncul di musim balap 2009. Hasilnya sangat menakjubkan. Selain menjadi juara World Superbike bersama Ben Spies, mesin baru ini juga berhasil menjadi juara British Superbike (Leon Camier) dan MFJ Superbike (Katsuyuki Nakasuga). Di Amerika Serikat (AMA Superbike) mesin ini baru berhasil menjadi runner-up di musim 2009, tetapi selanjutnya sejak musim 2010 hingga sekarang sangat mendominasi bersama tim Graves Yamaha.

Formula 1

Jenson Button dan Brawn GP adalah headline utama Formula 1 musim 2009.
Hanya satu kata: FENOMENAL!

Prestasi Sebastian Vettel yang semakin menanjak adalah bukti nyata sukses Monza 2008 bukan sebuah kebetulan.

Sebastian Vettel meraih kemenangan fenomenal dan historis di Monza 2008. Pada musim itu memang tim Toro Rosso terlihat lebih kuat dibanding tim Red Bull. Salah satunya mungkin karena perbedaan mesin (Ferrari & Renault). Tetapi pindahnya Seb ke Red Bull musim 2009 adalah cerita yang berbeda. Ia menunjukkan bahwa kesuksesan 2008 bukanlah sebuah kebetulan. Ia adalah paket ajaib yang mampu mendongkrak performa tim.

Motocross

JS7 in Action!

James Stewart bersama Yamaha 450 langsung menjuarai AMA Supercross 2009!
James Stewart adalah Valentino Rossi-nya motocross, terutama dalam hal 'transfer pembalap'. Ia meninggalkan tim Monster Energy Kawasaki yang telah memberinya total wins pada Outdoor National (AMA Pro Motocross 2008) untuk bergabung bersama Yamaha/Red Bull musim 2009. Hasilnya cukup manis! Gelar kejuaraan AMA Supercross 2009 langsung disabet Stewart bersama tim barunya itu. Sayangnya kemenangan di AMA Supercross tidak berlanjut di AMA Pro Motocross karena masalah cedera.

AC222 melengkapi sukses BS19 dan JS7 bersama Yamaha 2009

Antonio Cairoli super rookie!
Tony Cairoli baru naik kelas ke Motocross MX1 (MXGP) di musim 2009 bersama tim Red Bull Yamaha. Hebatnya ia bisa langsung menjuarai kelas ini! Wow! Predikat super rookie hampir sama seperti Ben Spies. Tetapi mungkin kesuksesan ini juga berkat faktor mesin Yamaha 450 yang bagus. Musim sebelumnya David Philippaerts juga berhasil menjuarai MX1 bersama tim Monster Energy Yamaha. Dan secara keseluruhan gelar juara dunia Tony Cairoli seperti pelengkap kesuksesan Yamaha di ajang balap 2009. Total wins!


MUSIM 2009 terasa sangat spesial juga karena dari seluruh kejuaraan yang saya bahas disini, hanya AMA Supercross yang tidak ditayangkan di layar kaca (TV gratis) Indonesia. Hal yang sangat berbeda dimana sekarang (2015) hanya MotoGP yang disiarkan langsung secara gratis di Indonesia. (rz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar